Selasa, 19 Mei 2015

Hasta Pressure Tuning on Camry VVT-i

Ola all!

Akhirnya kita ada kesempatan untuk mengerjakan pressure tuning pada mesin VVT-i di Camry 2.4 L manual ini. Hasilnya sangat mengejutkan, terlebih karena hasil ini bahkan lebih baik dari semua pressure tuning yang pernah kita kerjakan.

Sekedar info, baseline Camry manual 2.4 L ini  mempunyai power curve yg kurang bagus di RPM menengah, yang awalnya kita, setidaknya sy, mengira mobil ini mempunyai masalah di exhaust portnya (lihat: http://bengkelhasta.blogspot.com/2015/05/the-100-standard-camry-2005-vvt-i-gets.html)

Ternyata, setelah melakukan pressure tuning ini, kita tidak melihat ada problem penting di exhaust port. Problem justru mengarah ke Catalytic Converter yang sepertinya tersumbat, menahan flow di RPM menengah itu.

Berikut adalah hasil dari Hasta Pressure Tuning:



Seperti bisa dilihat dari hasil grafik power sebelum dan sesudah Pressure Tuning, tanpa penggantian spare part apapun, power meningkat drastis sebesar 15-20% (bahkan ada yg lebih dari 20%). Juga terlihat, bahwa HP peak meningkat tidak terlalu besar, dikarenakan pipa standard menahan flow extra yang dihasilkan tuning ini.

Juga terlihat, di RPM menengah, problem tertahannya flow dikarenakan tersumbatnya catalytic converter. Walau begitu, pressure tuning ini memberikan perbaikan lebih banyak di RPM menengah ini (perhatikan naik turun di RPM menengah).

Pilihan terbaik untuk mengatasi problem di catalytic converter ini adalah, mencoba membersihkannya, atau menggantikannya dgn yg baru, yg tentu akan jauh lebih baik secara flow dan emisi. Perbaikan di cat converter tentu juga akan memberikan extra power lagi.

 Info mengenai Hasta Pressure Tuning bisa dilihat di link berikut: http://bengkelhasta.blogspot.com/2015/05/hasta-pressure-tuning-more-powerful.html

Thanks!!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar