Jumat, 22 Januari 2016

Daihatsu Xenia 1000cc + Header Boosting

Dear all,

Berikut ada juga yg menarik dari hasil pekerjaan header boosting (Hasta's Header Boosting)
pada mobil Daihatsu Xenia 1000cc, 3 silinder. Yang terlihat masih standard.

Termasuk di bagian exhaust. Masih standard, menggunakan header 28mm (ukuran dalam) dan kolektor 37-38 mm (ukuran dalam). 3 silinder.



Terlihat dari hasil tes, power baik torsi maupun hp meningkat sekitar 3-4%. Dan juga terlihat nilai peningkatan semakin besar seiring dgn meningkatnya rpm. Juga terlihat angka hp puncak sekitar 20% dibawah torsi puncak.

Kedua indikasi ini, hasil semakin baik di rpm lbh tinggi dan puncak hp dibawah puncak torsi, menunjukkan besarnya tahanan di exhaust. Menarik bila kita pelajari dan temukan dimana problem di exhaust itu berada...

Berdasarkan pengamatan di airflow baik di intake maupun exhaust, melalui angka2 hp dan torsi standard pabrik, penggunaan kolektor berdiameter 37 atau 38mm sudah tepat. Kita tidak melihat ada masalah di ukuran maupun bentuk kolektor di exhaust standard itu.

Di header kita melihat bbrp yg menarik. Pertama, desain 3-1 dipakai mobil ini, dan tentu bila kita membuatnya desain 3-2-1 sudah pasti pilihan utama.

Kedua, ukuran header standard yg 28mm menurut kita cukup kebesaran. Biarpun dgn desain 3-1, ukuran yg kita pilih adalah antara 25 atau 26mm. Bila dgn desain 3-2-1, header akan kita perkecil ke 24mm.

Lebih lanjut, bentuk di header inipun kurang mendukung. Pipa header kependekan, dan tikungan2 juga tidak membantu airflow, malah menahannya. (sekalian kasih contekan buat pemain exhaust indo, apapun mereknya, yg belum paham atau masih sebatas sok paham).

Bila kita yang buat, ukuran ideal untuk harian, dan bisa mendorong horspower meningkat lebih dari 20% dari standard adalah:
- header (3) ukuran dalam: 24-25mm (panjang)
- header (2)) ukuran dalam: 28-30mm (pendek)
- kolektor ukuran dalam: 37mm (lbh baik pilih 36 daripada 38mm bila ukuran tdk tersedia). Panjang minimal 15 inch.

Bisa pilih lbh kecil utk super joss buat harian dan juga siap utk menembus top speed yang lebih tinggi. Pilihan dgn diameter sdkt lbh besar akan membuat rpm menengah ke atas lebih responsif, cocok utk yg sering main tol atau sejenis.

Thanks atas pehatiannya. Thanks sebelumnya untuk share ke teman2 terutama pengguna xenia/avanza khususnya yg 1000cc.




1 komentar:

  1. Titanium Watch - TITIAN ART LTD
    TITIAN ART LTD, LTD. titanium white dominus was founded in 2020 escape titanium 2014 black titanium ring with the intention to develop the sia titanium finest quality watches available for business in titanium bars India.

    BalasHapus